Blog Competisi : Manfaat TIK Dalam pembelajaran di sekolah

|

Manfaat Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah

I.PENDAHULUAN

1.Perkembangan Akses TIK Khususnya Internet

Internet (Interconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs/web.Saat ini layanan internet telah memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat karena menawarkan keunggulan dibandingkan media lain,diantaranya :Komunikasi murah,Sumber informasi besar,Keterbukaan “tanpa sensor”,dan jangkauan yang tidak terbatas.

Pertumbuhan internet pun dari tahu ke tahun sangat baik dan pesat,dari data statistic yang didapat bahwa pada tahun 1998 pengguna internet sebanyak 100 juta pengguna.Selain itu,internet juga mempunyai banyak keuntungan diantaranya :Sebagai media komunikasi,Sebagai media promosi,Sebagai komunikasi interaktif,sebagai alat riset dan pembangunan,dan Sebagai pertukaran data


2.Blogsite Sebagai Media Tulisan Share Informasi di Sekolah

Blog dapat dikategorikan sebagai e-learning.Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya guru di sebuah sekolah membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut,lalu siswa tersebut berkomentar di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa bertatap muka secara langsung.Blog juga bisa dijadikan sebagai media sharing/tukar pendapat antara guru dengan siswa sehingga tidak terjadi pembelajaran yang membosankan karena adanya saling interaksi antara guru dengan siswa.Siswa juga bisa menyampaikan pendapatnya tentang pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sehingga nantinya pihak guru meningkatkan kinerjanya dalam mengajar.

II.PEMBAHASAN

1.Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran di Sekolah

Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.

Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
-Presentasi
-Demonstrasi
-Kelas Virtual
2.Hubungan antara Menulis di Blogsite,E-mail,Browsing Internet dengan Proses Belajar di Sekolah

Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya.Dengan menulis di Blog kita dapat :
-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan kita,
-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.

Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua sangat menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.

III.PENUTUP

1.Hasil yang Diperoleh Jika TIK Dimanfaatkan untuk Pembelajaran di Sekolah

Melalui TIK,siswa diharapkan dapat :
1.Menggunakan perangkat TIK untuk mencari,mengeksplorasi, menganalisis,dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.
2.Dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dalam memanfaatkan TIK.
3.siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
4.Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5.Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari­hari secara mandiri danlebih percaya diri.
6.Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan TIK untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari­-hari.

2.Kesimpulan dan Harapan

1.Kesimpulan
Kesimpulan dari materi diatas ialah sepenuhnya untuk meningkatkan kualitas pembelajarn di sekolah,juga untuk mengembangkan keterampilan IT yang diperlukan oleh siswa ketika bekerja dan dalam kehidupannya nanti.Dengan memanfaatkan TIK secara optimal kita bisa memperluas akses terhadap pendidikan dan pembelajaran.
2.Harapan
Harapan saya yaitu agar TIK bisa dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar karena metode ini sangat menunjang sekali dalam pembelajaran.Dan juga bagi para guru agar lebih memotivasi siswanya supaya bisa menguasai TIK dengan baik.


Subscribe: Add Save Our Forests 4 Future to your favorite RSS Reader
Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Subscribe in Bloglines Add to My AOL

Related Posts



12 comments:

bisnisway said...

wah sukses ya untuk kompetisinya... yang penting tetep semangat yah... merdekA!

admin said...

klo TIK ini u/ pelajaran komputer dong, gmn klo pelajaran yg lain??

oke deh... met kompetisi aja, moga2 menang ya :D

pengguna said...

Semoga sukses sob...

Admin said...

sukses ya dengan kompetisinya!

blog masuk sekolah? siapa wedi :)

elyas said...

mantaff maju teruss

aalil Belajar SEO said...

siiipp.. sukses yow... :f

IHSAN said...

saya setuju

aklau saja TIK diajarkan sejak dulu, mungkin saja anak Indonesia lebih maju dari sekarang

muhammad sholikhan said...

ehm, lam kenal ya..
mo kasih masukan dikit boleh kan..?
secara keseluruhan, blog sudah bagus, cuman pada header blog, kombinasi warnanya kurang matching, sehingga secara sekilas, tulisan rizeman terlihat kurang jelas, mungkin lebih dipertegas dengan warna dan font yang berbeda.
trus pada link (friendsblog dan kategori)... yang warna biru... kayaknya birunya nanggung banget.. bagi sebagian orang (yang agak bermasalah dengan mata) pasti akan cepat lelah membacanya. alangkah lebih baik birunya di naikkan dikit lebih tua, biar adem ngeliatnya.. ok, maaf kalo ada kata yang gak berkenan. thxq... tetap semangat!! :)

rizeman said...

Wah..terima kasih ya atas dukungannya.
khusus bwt em_solikhin,karna baru newbie di dunia blogger jd saya kurang paham ttg pengaturan pd blog spt mengganti warna pd tampilan blog:f .
Mohon bantuannya...:D

Thanks:)

widh s widodo said...

maju terus man................

sukses ya.............

mudah2an bisa menang.............

x( hidup blogger pekalongan...........

Anonymous said...

Mau dapet ebook "24 Prinsip Miliarder yang Mencerahkan" karangan Tung Desem Waringin ?? Buruan baca caranya di blogku, mumpung masih gratiss. Trims...

Coretan Tiada Arti said...

Salam Pramuka !

Salam Kenal dari PIN ADDCIT Production
Pusat Pin dan ID Card di Kediri
http://pinaddict.wordpress.com/

Kami juga menyediakan produk bernuansa Pramuka

Salam
Fajar
http://fadjar29.blogspot.com/

Post a Comment

Friends

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani